Pengibaran bendera Merah Putih setelah pembacaan naskah proklamasi pada 17 Agustus 1945
(
id.wikipedia.org)













UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GASAL
TAHUN AKADEMIK 2014/2015
Mata Kuliah
:
Sejarah Indonesia Masa Revolusi
Program Studi
:
Pendidikan Sejarah
Hari, Tanggal
:
Rabu, 21 Januari 2015
Waktu
:
16.30 – 18.00
Dosen Pengampu
:
Arif Permana Putra, M.Pd.

Batas Pengumpulan
Hari, Tanggal  : Rabu, 21 Januari 2015 pukul 12.00 WIB
Dalam bentuk file (.docx), kemudian beri nama seperti ini: nama.SejIndMsRevolusi
Melampirkan Foto Kartu UAS Tahun Akademik 2014/2015

Soal.
1.    Kebebasan berkesenian yang diberlakukan pada masa pendudukan Jepang, tampaknya menjadi salah satu pemicu perkembangan seni. Dalam perkembangannya kesenian menjadi bentuk baru di masanya. Kesenian sebagai bentuk gerakan urat syaraf dalam memupuk semangat nasionalisme dan cinta tanah air. Jelaskan bentuk dan fungsi kesenian secara konkrit dalam membingkai semangat juang masa revolusi yang dapat di transfer pada peserta didik melalui pembelajaran sejarah ! (15) 

2.   Sejarah perjuangan dan berdirinya Bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaannya berjalan sejak sekian abad yang lalu, dengan pelbagai cara dan bertahap.  Perjuangan bangsa Indonesia dalam memperoleh kemerdekaan tidak hanya dilakukan pada masa pergerakan nasional saja tetapi setelah kemerdekaan pun ternyata masih harus berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan. Jelaskan strategi perjuangan Bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan ! (15)

3.   Santer terdengar diskusi warung kopi di setiap sudut wilayah nusantara yang membicarakan keistimewaan Yogyakarta. Yogyakarta dengan luas sekitar 3.185,80 km2 memiliki karakter yang unik, sebuah penjelmaan konkrit dari nilai-nilai idealis masyarakat Indonesia yang hidup bergotong-royong. Walaupun masyarakatnya masih hidup secara komunal, mereka tetap memegang tradisi luhur yang berdampingan dengan globalisasi modern. Keistimewaan Yogyakarta tidak hanya terletak pada kelebihan-kelebihan atas julukannya sebagai gudang cendekia atau potensi sosio-filosofisnya semata, akan tetapi ada hal lain yang patut membuat provinsi ini mendapatkan anugerah “istimewa”. Jelaskan Keistimewaan Yogyakarta dari dimensi historis serta polemik yang tumbuh dalam alam pikiran masyarakat Indonesia ! (15)

4.   Bulan September tahun 1948 merupakan saat-saat yang tidak akan terlupakan oleh masyarakat kota Madiun, terutama bagi umat Islam di Madiun. Pada bulan September tahun 1948 terjadi suatu peristiwa bersejarah yang melekat dalam ingatan rakyat Indonesia, terutama bagi masyarakat Madiun. Peristiwa yang dikenal dengan sebutan pemberontakan PKI di Madiun tahun 1948 atau pemberontakan PKI-Muso di Madiun. Jelaskan pengaruh PKI di Madiun 18 -30 September 1948 terhadap pola pemikiran pemuda pada awal abad ke-20 dan adakah (bukti) kaitan gerakan PKI tahun 1926 “Revolusi Ala Soviet Di Banten" ! (20)

5.   Sebelum pemerintah pusat ditawan oleh Belanda saat Agresi Militer Kedua tanggal 19 Desember 1948, Presiden telah mengumumkan pemberian mandat kepada Mr Syafruddin Prawiranegara, untuk membentuk Pemerintahan Darurat, jika pemerintah pusat saat itu tidak dapat lagi meneruskan kewajibannya. Syafruddin yang berada di Bukit Tinggi ketika serangan Belanda dilancarkan, tidak mengetahui adanya mandat tersebut. Hal ini disebabkan karena terputusnya jalur komunikasi antara Yogyakarta dan Bukit Tinggi akibat serangan Belanda terhadap kedua kota itu. Setelah mengetahui dengan pasti Presiden beserta pimpinan pemerintahan lainnya ditawan, bersama pemimpin sipil dan militer di Sumatera Barat, Syafruddin mendirikan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) tanggal 22 Desember 1945. Jelaskan makna keberadaan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) terhadap keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ! (15)

6.   Belanda menganggap kemerdekaan Indonesia baru terjadi pada 27 Desember 1949, yaitu ketika soevereiniteitsoverdracht (penyerahan kedaulatan) ditandatangani di Istana Dam, Amsterdam. Di Belanda selama ini juga ada kekhawatiran bahwa mengakui Indonesia merdeka pada tahun 1945 sama saja mengakui tindakan politionele acties (agresi militer) pada 1945-1949 adalah ilegal. Jelaskan proses pengakuan tanggal kemerdekaan oleh Belanda dengan pendekatan teori Kedaulatan Negara ! (20) 

7.   Sejarah Indonesia Masa Revolusi merupakan sebuah pembabakan sejarah dengan karakter unik mengenai nilai edukasi dalam penanaman semangat rela berkorban (heroism), cinta tanah air, dan nasionalisme yang dapat ditransfer pada peserta didik. Berikan contoh dan bukti fakta sejarah sebagai bentuk konkrit penanaman nilai-nilai tersebut ! (20)


Ingatlah bahwa dari dalam kubur suara saya akan lebih keras daripada dari atas bumi” 
---Tan Malaka (Pejuang Revolusi)---