Aktivitas Siswa di Kelas (http://www.infodiknas.com/wp-content/uploads/2013/08/14-300x213.jpg) |
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GASAL
TAHUN AKADEMIK 2014/2015
Mata Kuliah
|
:
|
Filsafat Ilmu
|
Program Studi
|
:
|
Pendidikan Sejarah
|
Hari, Tanggal
|
:
|
Rabu, 21 Januari 2015
|
Waktu
|
:
|
10.15 – 11.45
|
Dosen Pengampu
|
:
|
Arif Permana Putra, M.Pd.
|
Batas Pengumpulan
Hari, Tanggal : Rabu, 21 Januari 2015 pukul 12.00 WIB
Dalam bentuk file (.docx), kemudian beri nama seperti ini: nama.FilsafatIlmu
Soal.
1. Jelaskan 4 aspek yang
menjadi karakteristik karya ilmiah, buatlah karya ilmiah dengan sistematika
yang benar ! (20)
2. Jelaskan paradigma
penelitian kuantitatif dan kualitatif ! (20)
3. Jelaskan ragam/gaya penulisan:
(a) Deskriptif; (b) Argumentatif; (c) Eksposisi; serta contohnya dalam bentuk
karangan satu paragraf ! (15)
4. Jelaskan yang dimaksud kejujuran ilmiah serta
tanggapan anda terhadap tindak plagiasi karya ilmiah yang saat ini marak pada
kalangan akademisi ! (20)
5. Dunia Pendidikan di Indonesia saat ini
mengalami “sakit akut”. Pendidikan yang seharusnya menjadi tonggak kemajuan
bangsa serta menjadi pencetak generasi penerus yang berkualitas ternyata
menumbuhkan generasi-generasi dengan pengetahuan dan mental kerdil. Korupsi,
cacat hukum, remang-remang dunia pendidikan selalu tertera di setiap sudut
lembaran koran di tiap harinya. “Mencerdaskan kehidupan bangsa” kata yang
tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 menjadi sebuah kiasan indah cermin pendidikan
kita. Kisah klasik dunia pendidikan kita telah membawa kesadaran para pendidik
untuk memberikan sumbangsih dan kepedulian terhadap pendidikan Indonesia.
Sebagai ilmuwan dalam bidang pendidikan, bagaimanakah sikap dan tanggung jawab
Anda terhadap permasalahan dunia pendidikan (Studi kasus di Kabupaten Lebak ! (25)
Anda takkan pernah melakukan segalanya di dunia ini tanpa adanya keberanian.
Itu adalah kualitas terbesar dari pemikiran setelah kehormatan.
---Aristoteles, Filsuf Yunani---
0 comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.