The Great Silk Road















UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GENAP
TAHUN AKADEMIK 2013/2014
Mata Kuliah                : Sejarah Kebudayaan
Program Studi             : Pendidikan Sejarah
Hari, Tanggal              : Rabu, 16 April 2014
Dosen Pengampu        : Arif Permana Putra, M.Pd.

Batas Pengumpulan
Hari, Tanggal  : Sabtu, 12 April 2014
Waktu             : 12.00 WIB
Dalam bentuk file (.docx), kemudian beri nama seperti ini: nama.SejKebudayaan

Soal.
1.      Jelaskan hubungan antara kebudayaan dan peradaban suatu bangsa ! (10)
2.      Menurut Koentjaraningrat ada 3 (tiga) wujud kebudayaan, coba jelaskan hubungan ketiga wujud kebudayaan tersebut ! (15)
3.      Jelaskan hubungan sungai dan lahirnya Teori Challenge and Response ! Berilah contoh teori Challenge and Response dalam kehidupan sehari-hari. (15)  
4.      Jelaskan yang dimaksud “eye for eye, tooth for tooth” berkaitan dengan hukum yang berlaku di Mesopotamia masa Raja Hammurabi ! (15)
5.      Jelaskan sistem kepercayaan dan wujud kepercayaan yang berkembang berdasarkan pemahaman bangsa Mesir Kuno ! (15)
6.      Jelaskan bukti bahwa masyarakat di India Kuno (Mohenjo-Daro & Harappa) telah memperhatikan sanitasi lingkungannya ! (15)
7.      Jelaskan arti penting the great silk road yang menghubungkan Cina dan Kerajaan Romawi sepanjang 7000 km lebih terhadap perkembangan ekonomi di Cina Kuno ! (15)




--Manusia unggul selalu rendah hati saat berbicara, tetapi selalu luar biasa dalam tindakan-- 
Konfusius (551-479 SM), Filsuf terkemuka Cina